Ada lebih dari 170.000 kata dalam bahasa Inggris. Dengan jumlah sebesar itu, pasti ada di antaranya yang serupa, baik dari segi ejaan maupun pelafalan. Bahkan, ada yang begitu mirip sehingga penutur asli bahasa ini pun bingung! Tidak sedikit salah kaprah yang timbul akibat kemiripan satu kata dengan kata lainnya. Mari simak beberapa yang paling umum dan pelajari penggunaannya yang benar:

Affect vs Effect
Cara jitu untuk membedakan keduanya adalah dengan mengingat prinsip kelas kata. “Affect” adalah kata kerja (verb), sementara “effect” adalah kata benda (noun). Sebagai kata kerja, “affect”menyatakan tindakan. Contohnya, “The things we say can affect the people close to us,” atau “The weather can affect our mood.” Hasil tindakan itu adalah “effect”. Contoh: “Too much coffee can have a negative effect on your body.”

Advise vs Advice
Bunyi kedua kata ini memang mirip. Namun, “advise”adalah tindakan, sementara “advice”adalah kata benda abstrak dan hasil dari tindakan itu. “To advise someone” merujuk pada tindakan yang kita lakukan untuk membantu seseorang menghadapi masalah dengan memberikan nasihat, saran, atau usul. Nasihat itu sendiri adalah “advice”.

Compliment vs Complement
Berhati-hatilah saat menggunakan kedua kata ini. Keduanya bisa digunakan sebagai kata kerja dan sama-sama memiliki pengertian positif. “Compliment” adalah pujian, yaitu pernyataan positif mengenai seseorang atau sesuatu hal—gaya rambut baru, atau pakaian, misalnya. Sementara, “complement” mengandung makna menyertai, atau melengkapi, sehingga menjadi lebih baik. Sebagai contoh: “White wine complements a seafood dinner.”

Principle vs Principal
Kedua kata ini adalah contoh homonim—kata berlafal sama, namun berbeda ejaan dan makna. Kekeliruan dalam penggunaan keduanya kerap terjadi. Keduanya adalah kata benda, namun secara makna “principle” (prinsip) adalah kata benda abstrak yang berarti asas yang menjadi pokok dasar berpikir dan bertindak. Sementara itu, “principal” artinya “kepala sekolah”.

They’re vs Their, You’re vs Your
Bisa dibilang, kesalahan penggunaan kata-kata ini dalam tulisan berbahasa Inggris adalah yang paling sering terjadi—tidak terkecuali di kalangan penutur asli! Agar kita tidak mengulangi kesalahan yang sama, ingat bahwa “they’re” dan “you’re” merupakan bentuk singkat “they are” dan “you are”. Sebagai contoh: “They’re (they are) going to be late” atau “You’re (you are) welcome.” Sementara, “their” dan “your”—tanpa koma atas—adalah bentuk kepemilikan atas suatu hal. Misalnya, “My friends forgot to bring theirswimsuit” atau “Can I borrow your book?”

Nah, mudah-mudahan penjelasan di atas bisa menjawab kebingungan maupun pertanyaanmu seputar kosakata. Jika kelak menemui kesulitan dengan kata-kata di atas, ingatlah solusinya ada di Tips Sukses Berbahasa Inggris dari British Council Indonesia! Cari kerja? lewat Urbanhire aja. Karena ada lebih dari 18.000 lowongan yang menanti untuk kamu lamar. Semoga sukses!


Artikel ini hasil kerjasama Urbanhire dengan British Council Indonesia Foundation, untuk kamu yang ingin tahu informasi lebih lanjut mengenai english tips, klik disini.