10-manfaat-internship-31

Urbanhire – Internship atau magang merupakan peluang yang menguntungkan bagi seseorang yang berniat memiliki berbagai pengalaman dalam bekerja. Internship ini lazim dilakukan pada sebuah perusahaan, instansi, maupun tempat usaha lainnya yang disesuaikan dengan bidang ilmu atau jurusan pendidikan formal / informal pelamar. Untuk jangka waktu internship sendiri bervariasi, tergantung tempat dimana proses magang itu dilakukan, lazimnya sekitar 3 hingga 6 bulan. Keuntungan internship bagi seseorang sesungguhnya sangatlah besar. Memang yang terutama disini adalah mendapatkan pengalaman kerja. Akan tetapi bila ditelaah lebih dalam lagi, terdapat berbagai keuntungan lain yang seyogyanya membuat individu yang akan atau sedang menjalankan masa internship tersebut menjadi lebih semangat.

Pertama, bertambahnya kenalan baru atau relasi kerja merupakan salah satu keuntungan internship. Dalam dunia kerja, relasi sungguh sangat berharga, sehingga bertemu dengan kenalan baru ibaratnya menemukan sebuah harta karun yang begitu sangat bernilai. Relationship yang terbentuk dengan berbagai orang yang telah profesional di bidangnya inilah yang sedikit banyak ikut berperan mewujudkan cita-cita atau impian dalam diri. Seringkali, status magang seseorang pada sebuah perusahan atau instansi kemudian berubah menjadi pekerja tetap di tempat tersebut saat ia baru saja menyelesaikan pendidikan magangnya. Hal ini dikarenakan prestasi dan kinerja yang dicetak saat masih menjadi pegawai dengan status magang mendapat penilaian positif oleh atasan di tempat tersebut. Sehingga secara alami, lompatan pada karier dapat terjadi tanpa harus repot-repot melamar pekerjaan.

Baca juga: 5 Tips Penting Untuk Mengawali Karir Dari Magang

Berbanding lurus dengan keuntungan internship sebelumnya, maka keuntungan kedua yang diperoleh dari program magang ini adalah berkembangnya jaringan atau networking yang dimiliki. Networking yang terbentuk ini tidaklah sembarangan. Namun, lebih kepada suatu networking yang benar-benar berisi dengan orang-orang berkemampuan profesional. Paling tidak, level tersebutlah yang harus diupayakan untuk tercapai. Sumbangsing terbesar atas kesuksesan perjalanan karier di masa yang akan datang notabene datang dari “kekayaan” ini.

Keuntungan internship ketiga berupa terasahnya skill dalam bidang komunikasi. Hal ini sangat penting bagi seseorang yang menjalani kerja magang. Penempatan diri atau penyesuaian dalam bersikap tentunya akan senantiasa diperlukan. Hal ini karena lingkungan dan suasana yang berbeda dengan lingkungan yang selama ini dihadapi. Bekal dari semua hal itu adalah kepiawaian dalam berkomunikasi. Melalui proses magang yang telah dilalui, disadari ataupun tidak, lambat laun skill komunikasi yang dimiliki akan mulai terasah dan terus berkembang. Skill komunikasi ini jualah yang kemudian membawa kualitas seseorang dengan status magang menuju pemahaman yang lebih dalam akan budaya serta etika dalam dunia kerja. Tentu saja kesemuanya saling berkesinambungan, sehingga bila kesempatan magang tersebut tidak dipergunakan dengan baik, maka kesemuanya akan terasa stagnan atau jalan di tempat.

Pola kehidupan yang akan dijalani saat magang tentunya akan mengalami perubahan. Mau tidak mau, pola dalam kehidupan seseorang yang sedang magang akan disesuaikan dengan tuntutan dari jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak perusahaan dimana ia menjalani magang. Walau statusnya hanya pegawai atau tenaga kerja magang, akan tetapi tata dan aturan perusahaan tempatnya magang harus benar-benar ditaati. Jadwal kerja yang pasti dari tempat magang tersebut pada akhirnya akan membuat pekerja magang mulai memperhatikan waktu yang dimiliki, sehingga sebijak mungkin ia akan mulai membagi dan mengatur waktu yang dimiliki. Disinilah letak keuntungan internship keempat diperoleh seseorang dengan status pegawai magang.

Baca juga: Tips dan Trik Melamar Pekerjaan di Job Fair

Hal kelima terkait keuntungan internship berkenaan dengan kesempatan mempraktikan segala ilmu yang didapat sebelumnya di tempat ia menimba ilmu. Mau bentuk formal ataupun informal tempat dimana seseorang menimba ilmu, yang jelas magang merupakan wadah untuk mengaplikasikan sekaligus membuktikan ilmu yang telah didapat. Terlebih, pada dasarnya magang selalu memperhatikan betul perihal jurusan atau arah kemampuan dari kandidat pegawai magang. Sehingga potensi untuk menerapkan keilmuannya sungguh sangat terbuka lebar. Dengan kata lain, di tempat maganglah kita dapat mulai belajar tentang hal-hal yang bersifat praktis dan tidak melulu berkutat pada hal-hal yang bersifat teoritis saja. Bukankah ada pepatah yang mengatakan bahwa 99% ilmu itu didapat tatkala bekerja, dan hanya 1% yang didapat di bangku sekolah atau kuliah.

Keuntungan internship yang keenam adalah semakin mengecilnya cakupan atau scope potensi karier yang kelak akan dijalani. Maksud dari hal ini adalah kita akan semakin mengenali secara lebih jelas potensi karier yang hendak kita jalani di masa depan. Kita semakin menyadari apa sebenarnya yang sejatinya menjadi passion dari diri kita. Begitu juga terkait minat atau masalah suka atau tidak sukanya kita terhadap pekerjaan tersebut. Sehingga ketika hendak benar-benar bertarung dalam dunia kerja setelah kelulusan, maka arah yang dituju telah mulai pasti. Ini bolehlah dimasukkan menjadi keuntungan internship yang ketujuh.

Untuk poin kedelapan berupa berbagai pengalaman baru nan berharga yang bisa didapat dari proses magang. Pengalaman ini sungguh sangat susah didapat di tempat lain. Semakin kaya akan pengalaman, maka kapasitas dan kompetensi individu sudah dipastikan akan meningkat dan ini mahal harganya. Sedangkan keuntungan internship kesembilan berkisar pada kualitas curriculum vitae yang kita tawarkan. Hal ini pada akhirnya bukan hanya sekedar coretan atau deretan kata yang menceritakan rentetan jejak kerja dan kinerja kita. Lebih dari itu semua, ada suatu harapan yang melebihi itu semua, yakni diri dan jiwa kita berada pada level yang ‘lebih tinggi’ dari kebanyakan individu yang belum tentu mampu memiliki kesempatan dan pengalaman internship.

Baca juga: Lulus Kuliah: Magang atau Langsung Kerja?

Sedangkan keuntungan kesepuluh atau yang terakhir adalah terbukanya peluang kerja di perusahaan tempat menjalani magang. Perusahaan atau lembaga tempat magang biasanya akan melakukan penilaian internal akan prestasi para pegawai magangnya. Hal ini masuk dalam catatan mereka dan biasanya ada beberapa perusahaan yang melakukan recruitment dengan kandidat para pegawai magangnya. Maka dari itu, prestasi terbaik sebaiknya ditunjukkan oleh para pegawai magang. Demikianlah sepuluh keuntungan internship yang bisa didapat oleh para individu profesional muda. Kesemua hal di atas berbalik kembali pada satu kaidah dasar bahwa magang atau internship merupakan suatu program pra-kerja yang penuh manfaat.

Buat kamu-kamu yang masih berjuang mencari pekerjaan impian yang sesuai dengan keinginanmu, lihat sekarang di Urbanhire, banyak sekali perusahaan terbaik yang dapat kamu temukan! Buat akun Urbanhire-mu sekarang, lengakapi dan dapatkan kemudahan melamar pekerjaan ke lebih dari puluhan ribu lowongan pekerjaan yang pastinya ok banget!